Selasa, 02 Maret 2010

Kependudukan

Kalau kita bicara masalah kependudukan berarti kita bicara masalah populasi manusia disuatu wilayah.Dan saya akan berbagi cerita tentang penduduk di wilayah Indonesia.
Indonesia terdiri dari banyak pulau,yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.Kawasan Indonesia yang luas inilah yang menjadikan Indonesia kaya akan ragam budaya karena banyaknya suku-suku yang memiliki perbedaan budaya satu dengan yang lainnya.
Keanekaragaman budaya ini harus dibarengi dengan sikap saling menghormati dan menghargai antar masyarakat,karena kalau tidak maka akan timbul perpecahan di negeri tercinta ini,contohnya sudah banyak sekarang terjadi di beberapa tempat,seperti di Papua,Ambon,Maluku,dll.Di daerah konflik tersebut sering terjadi peperangan antar kampung,atau antar suku.
Nah disinilah fungsi Pancasila harus kembali diaplikasikan dengan salah satunya melalui pendidikan.Seharusnya ditempat-tempat seperti itu pendidikan harus lebih diperhatikan lagi agar penduduk tesebut paham dengan sebenarnya tentang bagaimana hidup dalam keanekaragaman suku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar